Jumat, 04 Maret 2016

KEUTAMAAN BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA

*Untaian Hikmah*
-KEUTAMAAN BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA-

Kepada setiap pemuda yang telah membuat hati ibundanya menangis, kepada setiap pemudi yang telah menyakiti orang tuanya, apakah engkau tidak pernah mendengar firman Allah:

{ و وصينا الإنسن بولديه حسنا } (سورة العنكبوت: ٨)
Maknanya: "Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua" (Q.S. al-'Ankabut: 8)

Wahai sahabat, sudahilah perbuatan menyakiti ibu, karena beliaulah yang punya hak kewajiban untuk dipenuhi, dan sudahilah perbuatan menyakiti ayah, karena beliaulah yang mencari makanan, minuman untukmu. Sebagaimana, Allah ta'ala berfirman:

{ وقضى ربك ألا تعبدوا إلا إياه وبالولدين إحسنا } (سورة الإسراء: ٢٣)
Maknanya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaknya kamu berbuat baik kepada kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya" (Q.S. al-Isra': 23).

Sudahilah perbuatan kasar, ucapan kasar kepada ayahmu, hentikan membentak dan mengucapkan kata-kata kasar kepada ibumu. Tidakkah engkau ingat firman Allah:

{ فلا تقل لهما أف } (سورة الإسراء: ٢٣)
Maknanya: "Dan janganlah kamu berkata kepada keduanya uff (perkataan yang menyakiti)" (Q.S. al-Isra': 23).

Sayangilah ibumu di saat beliau sudah tua, sayangilah ayahmu di saat beliau sudah lemah, selalu engkau ingat masa kecilmu yang lemah; dengan penuh cinta dan kasih sayang, mereka mendidik dan membesarkanmu. Mereka rela bergadang semalaman ketika engkau sakit. Mereka tidak rela seekor nyamukpun hinggap ditubuh mungilmu. Mereka sangat senang dan bangga ketika melihatmu mulai bisa berjalan. Mereka meneteskan air mata haru dan bahagia, ketika melihat hari pernikahanmu. Maka dari itu, jangan sekali-sekali engkau menyakiti hati mereka, mintalah ridha dan do'a mereka, ciumlah kedua tangan mereka dengan penuh santun dan hormat, ucapkanlah pada ibumu: "ridhailah aku ibu", ucapkanlah pada ayahmu: "ridhailah aku ayah".

Nasehat Syaikh Abdullah al-Harari:

من أراد الفلاح والنجاح فليبر والديه فإن من بر أبويه تكون عاقبته حميدة
Maknanya: "Orang yang menginginkan kebahagiaan dan keselamatan (di akhirat), maka hendaknya ia berbakti kepada kedua orang tuanya, karena orang yang berbakti kepada kedua orang tua, niscaya akhir hidupnya akan menjadi baik"

#sentuhan hati #untaian penuh hikmah #cinta Allah, cinta Rasul & cinta Orangtua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar