Kamis, 03 Maret 2016

-KEUTAMAAN SILATURRAHIM-

-KEUTAMAAN SILATURRAHIM-

Sahabat-sahabat yang semoga sentiasa dalam lindungan Allah, Ketahuilah, Allah ta'ala berfirman:

{ واتقوا الله الذي تسآءلون به والأرحام } (سورة النساء: ١)
Maknanya: "Bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kalian saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim" (Q.S. an-Nisa': 1)

Silaturrahim adalah kewajiban yang agung dan ketaatan yang mulia, maka hendaklah kita menjaga silaturrahim. Janganlah sekali-kali kita memutus hubungan silaturrahim (hubungan kekerabatan), karena memutus tali silaturrahim termasuk dosa besar. Rasulullah shallallahu 'alayhi wasallam bersabda: لايدخل الجنة قاطع Maknanya: "Tidak masuk surga (bersama orang-orang yang pertama masuk surga) orang-orang yang memutuskan tali silaturrahim" (H.R. Bukhari dan Muslim) Kunjungilah kerabat-kerabatmu, baik dari jalur ayahmu atau jalur ibumu, dan janganlah sekali-sekali kamu tertipu oleh godaan syaitan yang berupaya memutuskan hubungan baikmu dengan mereka. Jangan pernah mengatakan: "kerabatku tidak mengunjungiku, lalu apa salahnya jika aku juga tidak mengunjunginya". Tetapi kunjungilah kerabatmu, baik mereka yang mengunjungimu atau yang tidak mengunjungimu, ajari mereka ilmu agama, ajarkan kepada mereka pendidikan dari nabi Muhammad bagaimana beliau berkasih-sayang kepada kerabatnya, niscaya dengan itu engkau akan hidup dalam kemuliaan, meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.
Nasehat syaikh Abdullah al-Harari:

بالعلم يعرف العمل الذي يحبه الله والعمل الذي لايحبه الله
Maknanya: "Dengan ilmu, diketahui perbuatan-perbuatan (baik) yang diridhai oleh Allah, dan (dengan ilmu pula diketahui) perbuatan-perbuatan (buruk) yang tidak diridhai oleh Allah"

Allahu 'allam bissowab..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar